Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari dan Hobinya Memacu Sepeda

Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari dan Hobinya Memacu Sepeda

Bapak Abdul Kharis ketika menanjak di Waduk Sermo

Bapak Abdul Kharis ketika menanjak di Waduk Sermo

Bapak tiga anak tersebut menceritakan, saat usia sekolah, sepeda sebenarnya hanya murni menjadi transportasi. Namun, semua itu berubah saat akan naik haji pada 2003. Demi mempersiapkan fisik untuk menunaikan rukun Islam kelima itu, Kharis rajin mengayuh pedal. ’’Waktu itu masih pakai MTB. Latihan intensif untuk menjaga kondisi saja,’’ kata pria kelahiran Solo tersebut.

Ternyata, persiapan fisik dengan sepeda itu menjadi kebiasaan sepulang haji. Kharis makin rajin bersepeda. Pada 2007, dia memutuskan ganti haluan, dari MTB ke road bike.

Sosok Lance Armstrong jadi Idola

Keputusan mengganti road bike juga bukan tanpa alasan. Awalnya, Kharis tertarik dengan sepeda yang digunakan para jawara di ajang grand tour seperti Tour de France ataupun Giro d’Italia. Sosok Lance Armstrong ketika itu menjadi idola Kharis.

’’Saya seneng lihat Tour de France atau Giro. Apalagi kalau sekarang lihat Sagan (Peter Sagan, Red),’’ cerita pria yang kini digadang-gadang PKS untuk menjadi cagub Jateng itu.

Awal mula menggunakan road bike, Kharis masih menjajal trek jarak dekat, yakni 60–70 km. Setelah itu, dia mulai ikut terjun di berbagai event road bike antarklub. Sejumlah rute jalan raya di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur sudah dilintasi. Namun, rute favorit yang sering dilalui adalah mendaki jalanan di Karanganyar menuju kawasan Gunung Lawu atau bersepeda dari Solo ke Magelang.

’’Asal waktunya cocok, saya pasti ikut,’’ kata pendiri Solo Road Bike Community itu.

About the Author

Leave a Reply